Tahukah sahabat bahwa 72% orang membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram? Hal ini membuat Instagram menjadi salah satu media sosial terbaik untuk menjalankan social media marketing bagi bisnis kita

Apa aja sih yang harus kita lakukan pertama kali saat ingin jualan di Instagram? Yang pasti buat akun dlu yaa, klo bisa akun pribadi dengan jualan di pisah

1.Gunakan Akun Instagram Bisnis

Namun, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram, sahabat tak bisa asal posting gambar atau video saja. Diperlukan strategi jitu agar bisnis kita bisa menjangkau para pengguna Instagram.

Oh ya, apabila akun Anda sebelumnya private, kami sarankan untuk mengubahnya menjadi publik di akun bisnis ini. Sebab, orang-orang akan lebih mudah untuk melihat postingan Anda dan bisa langsung follow tanpa hambatan.

Cari di pengaturan instagram yahh

2.Pilih Username yang Simpel dan Mudah Dikenali

Idealnya, Anda menggunakan username dengan nama bisnis. Selain agar mudah ditemukan, orang-orang juga tak akan salah tag saat posting atau berkomentar.
Namun, apabila nama bisnis sudah diambil orang lain, Anda bisa menambahkan kata di belakangnya. Ingat, kata di belakang ini juga harus berhubungan dengan bisnis Anda agar mudah dikenali.

Cara pertama ini bersifat wajib sebelum Anda melangkah ke strategi berikutnya. Sebab, akun bisnis memudahkan calon konsumen untuk menghubungi Anda dan memberikan kesan lebih profesional pada bisnis Anda.

Selain itu, akun Instagram bisnis (Instagram for Business) juga mempunyai beberapa fitur yang tak ada di akun Instagram pribadi. Beberapa di antaranya adalah Anda bisa membuat Instagram Ads serta Anda juga bisa mengakses Insights. Insights ini merupakan fitur yang berguna untuk menganalisis dan memberikan statistik mengenai akun Anda

3. Gunakan Foto Profil Brand Anda

Foto profil adalah hal pertama yang orang-orang lihat saat mengunjungi akun bisnis Anda. Selain itu, foto profil juga akan muncul di setiap komentar atau postingan yang Anda buat. Jadi, foto profil merupakan elemen terpenting dalam profil Anda.

Maka dari itu, pilihlah foto profil yang menggambarkan brand atau bisnis Anda. Umumnya, akun bisnis menggunakan logo bisnis/perusahaan sebagai foto profil mereka. Namun, Anda juga bisa melakukan riset pada para pesaing untuk mengetahui foto profil apa yang mereka gunakan.

3.Tulis Bio yang Menarik dan Informatif

Setelah foto profil, orang-orang akan melihat pada bio Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memaksimalkan dengan baik 150 karakter yang diberikan oleh Instagram.

Anda bisa menulis bio yang menjelaskan apa bisnis Anda serta manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen. Apabila target audiens bisnis adalah generasi muda, Anda juga bisa memasukkan emoji ke bio.

4.Masukkan CTA

Setelah mengakhiri bio dengan CTA, Anda harus memasukkan link di bawahnya. Ingat, link haruslah berhubungan dengan CTA agar tak membingungkan konsumen.

Apabila CTA mengenai promo, maka masukkan link ke promo tersebut. Apabila mengenai kontes, masukkan link ke kontes tersebut. Jangan CTA mengenai promo, tapi justru ke kontes atau sebaliknya

Ini baru optimasi dari profile aja lho belum masuk ke optimasi lainnya

Jenis Postingan di Instagram, ini juga akan memengaruhi interaksi kita dengan para follower

A. Feed Instagram

Feed Instagram merupakan keseluruhan foto ataupun video yang pernah Anda posting di akun Instagram tersebut. Ini bisa menjadi suatu cara cepat untuk menarik calon konsumen dengan visual yang unik dan menarik

Contoh feed instagram

B. Instagram Stories

Instagram Stories ini berbeda dengan konten di Instagram pada umumnya. Stories hanya bertahan selama 24 jam saja dan posisi Stories juga berada di atas feed Anda.

C. Instagram Live

Seperti namanya, Instagram Live adalah jenis konten di mana Anda melakukan siaran langsung yang bisa ditonton oleh follower. Nanti di point berikutnya ada tips dan trik untuk memaksimalkan Instagram Live

D. Instagram TV

Instagram TV atau IGTV adalah salah satu fitur terbaru di Instagram. Berbeda dari Instagram Live yang siaran langsung, IGTV ini lebih mirip dengan YouTube. Di IGTV follower bisa menonton video yang sudah Anda upload. Kami membahas IGTV dengan lengkap di poin nomor tujuh.

Optimasi feed instagram

Menggunakan Gambar dan video edukasi

Misal manfaat produk, tips makeup pemula, tutorial makeup dll ini untuk contoh yang jualan skincare, bisa disesuaikan dengan jualannya masing masing

Gambar dari Influencer

Gambar jenis ini memanfaatkan ketenaran seseorang untuk mempromosikan bisnis Anda kepada follower mereka. Biasanya gambar ini menampilkan si influencer sedang menggunakan/berinteraksi dengan produk Anda.

Gambar dari Follower

Gambar jenis ini memanfaatkan postingan dari follower Anda yang kemudian Anda posting ulang (regram). Pastikan Anda juga men-tag follower yang Anda regram gambarnya, ya.

Supaya makin trusted boleh menambahkan foto2 Testimoni percakapan dengan customernya dan klo mereka ada Ig nya kita tag mereka juga

Gambar Saat Hari Peringatan

Nah, gambar yang satu ini memanfaatkan hari peringatan sesuatu yang sedang terjadi di hari itu. Jangan sampai Anda melewatkannya. Sebab, bisa jadi hari peringatan menjadi kesempatan terbaik untuk posting konten dengan tema tertentu atau promosi produk Anda yang terkait.

Instagram dan facebook juga bisa di sinkronkan lho, jadi klo g suka repot, upload dari instagram aja nanti langsung masuk ke Facebook juga

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
bisnisakademi.com
Terimakasih hari ini ada promo 30%, silahkan lanjut chat untuk info lebih lanjut