Ada sebuah buku fenomenal berjudul “Contagious” yang ditulis oleh seorang professor pemasaran bernama Jonah Berger. Beliau sudah meneliti ratusan konten dan menyimpulkan kenapa konten bisa viral dan yang lain tidak. Beliau merumuskan kedalam ada 6 macam yang kalau disimpulkan menjadi rumus disingkat menjadi STEPPS

Apa itu STEPPS ?

STEPPS adalah sebuah akronim dari
SOCIAL CURRENCY
TRIGGERS
EMOTIONAL
PUBLIC
PRACTICAL VALUE
STORIES

Ternyata untuk membuat konten viral, cukup dengan mengikuti 6 kaidah ini.

Content concept on a laptop screen

Jika kita melihat kenapa banyak konten komedi bisa cepat viralnya karena memenuhi unsur kaidah ini. Apa itu ? Komedi termasuk kedalam prinsip emotional

EMOTION

Ternyata hasilnya ada 4 emosi yang paling sering muncul:
Kagum (Awe)
Tawaan (Laughter)
Terhibur (Amusement)
Bahagia (Joy)

Ada berbagai macam emosi manusia. Sedih, marah, kecewa, malu dll. TIdak semua emosi menciptakan viral. Salah satu Emosi yang membuat viral adalah LAUGHTER. Sekarang kita bahas bagaimana impelementasi viral dalam content yang akan kita buat dalam marketing.

adi kalau di instagram Anda bisa melihat di menu insight.

Mengevaluasi konten mana saja yang engagementnya bagus, like terbanyak, comment terbanyak dan share terbanyak.

Anda bisa melihat konten yang paling banyak di-share memenuhi unsur viral.Yang pertama adalah cerita Mas yoyok. yang pernah masuk youtube dedy corbuxier berhasil jualan panci mengunakan FB ads

Konten ini bisa viral. Banyak di-share karena konten ini memenuhi unsur viral yaitu cerita (STORIES).
Menciptakan stories atau cerita tidak sama dengan menulis biografi biasa. Sebuah cerita setidaknya memiliki unsur tokoh, konflik dan bagaimana dia bisa berhasil melewati konflik tersebut sampai klimaks.

Lanjut prinsip lainnya adalah social currency atau mata uang sosial.

Intinya buat orang merasa bangga saat share konten tersebut. Tekniknya adalah dengan cara membandingkan 2 hal atau lebih.

Topik yang kami angkat adalah pedagang vs pengusaha. Orang yang sudah memiliki pola pikir pengusaha akan share ini
kepada teman-temannya. Dan VIRAL!

Resep viral berikutnya adalah Triggers. Ciptakan konten yang mudah diingat. Caranya adalah dengan jelaskan secara terperinci langkah demi langkah.Prinsip ke 4 adalah public. Ambil topik yang saat ini sedang viral. Prinsip terkahir adalah practical value. Dapat dipraktikan. Kalau kita perhatikan jurnal-jurnal hasil penelitian mahasiswa Ada ribuan jurnal yang muncul setiap 6 bulan dan semuanya mengandung informasi yang sangat berharga.Tapi kenapa jurnal mahasiswa tidak pernah populer?

Karena tidak atau sulit untuk bisa dipraktekkan.Maka dari itu ciptakan konten yang mudah dipraktikan. Konten yang berisi resep membuat bakso ikan bisa viral karena langsung bisa kita praktekan sebagai panduan.Di sini kami share konten bagaimana kata-kata yang harus dihindari dalam jualan. Menghasilkan 1041 share. Karena konten tersebut sangat mudah dipraktikan saat itu juga. mudah. Engga ribet. Tuntas.

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim pesan
bisnisakademi.com
Terimakasih hari ini ada promo 30%, silahkan lanjut chat untuk info lebih lanjut